RSS

ReactOS

03 Jul

Bagi pengguna komputer tentunya tidak asing lagi dengan sistem operasi / OS Windows.Operating System buatan Microsoft tersebut masih yang paling banyak digunakan saat ini oleh pengguna komputer diseluruh dunia dikarenakan oleh kemudahan dalam pengoperasian serta ketersediaan software yang tak terhitung jumlahnya.

Namun salah satu kendala oleh konsumen atau pengguna individu (terutama bagi perusahaan) adalah harga lisensi untuk sebuah CD sistem operasi Windows yang mencapai jutaan sehingga banyak pengguna terutama di Indonesia yang rela menggunakan CD/DVD SO Windows versi bajakan.

Hal tersebut memang menimbulkan masalah terhadap hukum atas tuduhan pelanggaran hak cipta terlebih bila anda menggunakannya untuk komputer perusahaan / badan usaha yang mungkin mendapatkan sweeping secara tak terduga.

Sebagai alternatif anda dapat mencari sistem operasi yang bersifat gratisan (open source) yang menyediakan fitur yang hampir sama dengan sistem operasi berbayar. Beberapa sistem operasi gratis yang paling terkenal adalah Mac OS dan Linux. Namun keduanya mempunyai cara pengoperasian yang berbeda dengan Windows.

Bila anda mencari sistem operasi yang sama persis mendekati Windows, anda dapat mencoba ReactOS

ReactOS – Sistem Operasi Gratis Ala Windows

ReactOS-Sistem-Operasi-Gratis-ala-windows

Dalam situs resminya menyebutkan bahwa ReactOS menduplikasi banyak dari aplet model  grafis ala Windows, panel kontrol dan dialog yang menyerupai Windows 2000/XP/2003/NT, sehingga cara penggunaanya sangat familiar dengan pengguna komputer yang sudah terbiasa dengan sistem operasi Windows.

Kendati demikian, sistem operasi ini diakui masih dalam tahapApha atau tahap penyempurnaan menuju ke tahap final yang akan membuatnya menjadi sistem operasi yang sama persis dengan sistem operasi milik Microsoft. Hingga artikel ini dibuat, ReactOS telah mencapai versi 0.3.14.

Beberapa fitur penyempurnaan yang telah ditambahkan pada ReactOS antara lain:

  • Dukungan platform 64bit
  • Penyempurnaan pada bug / error seperti pada bagian: Kernel, Configuration Manger, IO Manger, Memory Mangaer, KE, Process Manger
  • Penyempurnaan fitur Network / jaringan workgroup seperti yang terdapat pada Windows
  • Penyempurnaan pada Win32 dan library .dll nya

ReactOS-Sistem-Operasi-Gratis-ala-windows

Bagaimana? tertarik untuk mencoba ReactOS? Sistem operasi ini dapat anda dapatkan secara gratis pada website resmi mereka di: http://www.reactos.org/en/download.html.

Halaman tersebut juga menyediakan panduan penggunaan dalam bentuk .pdf, juga file ISO untuk diburning ke bootable CD, hingga source code (bahasa pemrograman) lengkap yang membentuk sistem operasi ini. Developer mereka memberikan source code tersebut secara cuma-cuma kepada para programmer lain yang mengerti bahasa pemrograman tingkat lanjut bila berkeinginan untuk menyempurnakan sistem operasi ini.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 3, 2012 in Software

 

Tag: ,

Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: